• SD NEGERI KENDALSERUT 01
  • Sekolah Ramah Anak Berwawasan Lingkungan

Visi dan Misi

Visi dan Misi

 

1.

Visi Satuan pendidikan

 

“Terwujudnya peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berisi”.

Adapun indikator ketercapaian dari visi :

 

a.

Pembelajar sepanjang hayat:

-     memiliki motivasi belajar;

-     melakukan aktivitas belajar;

-     mengembangkan diri.

 

b.

Berkarakter: mengaktualisasikan Profil Pelajar Pancasila:

-     beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;

-     mandiri;

-     bernalar kritis;

-     kreatif;

-     bergotong-royang;

-     berkebhinekaan global.

 

c.

Inovatif:

-     berpikir ke masa depan atau visioner;

-     keinginan untuk terus belajar;

-     menerima perubahan;

-     memiliki ide-ide atau gagasan yang istimewa;

-     tidak takut akan kegagalan.

 

d.

Berprestasi:

-     mempunyai perencanaan, tujuan, dan target

-     memiliki kemampuan kognitif dan psikomotor;

-     berhasil menemukan kemampuan diri;

-     mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat;

-     menjadi pribadi yang demokratis, unggul, dan produktif.

  

 

 

 

2.

Misi Satuan Pendidikan

 

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Kendalserut  01  menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

 

a.

Meningkatkan kualitas pengelolaan kelas dan penyelenggaraan pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.

 

b.

Meningkatkan kualitas pembelajaran yang menumbuhkembangkan peserta didik dalam bersikap dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai pelajar Pancasila yang mencakup beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, gotong-royong, kreativitas, nalar kritis, kebinekaan global, serta kemandirian.

 

c.

Meningkatkan kualitas aktivitas refleksi dan perbaikan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

 

d.

Meningkatkan kualitas kepemimpinan yang mendukung perbaikan kualitas pembelajaran melalui penjabaran visi-misi, penyusunan program pembelajaran, dan pengembangan kurikulum sekolah.

 

e.

Meningkatkan kualitas iklim keamanan satuan pendidikan yang kondusif yang memberikan rasa aman (secara fisik dan psikologis), seperti tidak adanya perundungan dan hukuman fisik.

 

f

Meningkatkan kualitas kesetaraan gender yang menunjukkan adanya pemahaman, dukungan dan tindakan warga sekolah terhadap kesetaraan kemampuan, hak, dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan.

 

g.

Meningkatkan kualitas iklim kebhinekaan yang menunjukkan adanya sikap dan perilaku kepala sekolah dan guru dalam menerapkan toleransi agama dan budaya serta komitmen kebangsaan.

 

h.

Meningkatkan kualitas iklim inklusifitas untuk menyediakan layanan bagi siswa dengan disabilitas, cerdas istimewa, dan berbakat istimewa.

 

i.

Meningkatkan kualitas keterlibatan warga sekolah dalam proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan kegiatan di sekolah.

 

j

Meningkatkan proporsi pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu.

 

k.

Meningkatkan pemenfaatan TIK untuk pengelolaan anggaran.

 

l.

Meningkatkan kualitas perencanaan dan implementasi “program dan kebijakan sekolah” untuk mencegah dan menanggulangi perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, kesetaraan gender, dan intoleransi.

 

 

 

3.

Tujuan Satuan Pendidikan

 

Tujuan SD Negeri Pakulaut 01 ditetapkan sebagai berikut:

 

a.

Mampu meningkatkan kompetensi literasi peserta didik.

 

b.

Mampu meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik.

 

c.

Mampu menumbuhkembangkan sikap dan perilaku peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pelajar Pancasila.

 

d.

Mampu meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.

 

e.

Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

f.

Mampu meningkatkan kualitas refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru.

 

g.

Mampu meningkatkan kualitas kepemimpinan instruksional.

 

h.

Mampu meningkatkan kualitas iklim keamanan sekolah.

 

i.

Mampu meningkatkan kualitas iklim kesetaraan gender.

 

j.

Mampu meningkatkan kualitas iklim kebhinekaan.

 

k.

Mampu meningkatkan kualitas iklim inklusifitas.

 

l.

Mampu meningkatakan kualitas partisipasi warga sekolah.

 

m.

Mampu meningkatkan porposi pemamfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu.

 

n.

Mampu meningkatkan kualitas TIK untuk pengelolaan anggaran

 

o.

Mampu meningkatkan perencanaan dan implementasi “program dan kebijakan sekolah”

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 19 kali