Visi dan Misi
Visi dan Misi
1. |
Visi Satuan pendidikan |
|
|
“Terwujudnya peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berisi”. Adapun indikator ketercapaian dari visi : |
|
|
a. |
Pembelajar sepanjang hayat: - memiliki motivasi belajar; - melakukan aktivitas belajar; - mengembangkan diri. |
|
b. |
Berkarakter: mengaktualisasikan Profil Pelajar Pancasila: - beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; - mandiri; - bernalar kritis; - kreatif; - bergotong-royang; - berkebhinekaan global. |
|
c. |
Inovatif: - berpikir ke masa depan atau visioner; - keinginan untuk terus belajar; - menerima perubahan; - memiliki ide-ide atau gagasan yang istimewa; - tidak takut akan kegagalan. |
|
d. |
Berprestasi: - mempunyai perencanaan, tujuan, dan target - memiliki kemampuan kognitif dan psikomotor; - berhasil menemukan kemampuan diri; - mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat; - menjadi pribadi yang demokratis, unggul, dan produktif. |
|
|
|
2. |
Misi Satuan Pendidikan |
|
|
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Kendalserut 01 menjabarkan misi sekolah sebagai berikut: |
|
|
a. |
Meningkatkan kualitas pengelolaan kelas dan penyelenggaraan pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. |
|
b. |
Meningkatkan kualitas pembelajaran yang menumbuhkembangkan peserta didik dalam bersikap dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai pelajar Pancasila yang mencakup beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, gotong-royong, kreativitas, nalar kritis, kebinekaan global, serta kemandirian. |
|
c. |
Meningkatkan kualitas aktivitas refleksi dan perbaikan praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru. |
|
d. |
Meningkatkan kualitas kepemimpinan yang mendukung perbaikan kualitas pembelajaran melalui penjabaran visi-misi, penyusunan program pembelajaran, dan pengembangan kurikulum sekolah. |
|
e. |
Meningkatkan kualitas iklim keamanan satuan pendidikan yang kondusif yang memberikan rasa aman (secara fisik dan psikologis), seperti tidak adanya perundungan dan hukuman fisik. |
|
f |
Meningkatkan kualitas kesetaraan gender yang menunjukkan adanya pemahaman, dukungan dan tindakan warga sekolah terhadap kesetaraan kemampuan, hak, dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan. |
|
g. |
Meningkatkan kualitas iklim kebhinekaan yang menunjukkan adanya sikap dan perilaku kepala sekolah dan guru dalam menerapkan toleransi agama dan budaya serta komitmen kebangsaan. |
|
h. |
Meningkatkan kualitas iklim inklusifitas untuk menyediakan layanan bagi siswa dengan disabilitas, cerdas istimewa, dan berbakat istimewa. |
|
i. |
Meningkatkan kualitas keterlibatan warga sekolah dalam proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan kegiatan di sekolah. |
|
j |
Meningkatkan proporsi pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu. |
|
k. |
Meningkatkan pemenfaatan TIK untuk pengelolaan anggaran. |
|
l. |
Meningkatkan kualitas perencanaan dan implementasi “program dan kebijakan sekolah” untuk mencegah dan menanggulangi perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, kesetaraan gender, dan intoleransi. |
|
|
|
3. |
Tujuan Satuan Pendidikan |
|
|
Tujuan SD Negeri Pakulaut 01 ditetapkan sebagai berikut: |
|
|
a. |
Mampu meningkatkan kompetensi literasi peserta didik. |
|
b. |
Mampu meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik. |
|
c. |
Mampu menumbuhkembangkan sikap dan perilaku peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pelajar Pancasila. |
|
d. |
Mampu meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan. |
|
e. |
Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. |
|
f. |
Mampu meningkatkan kualitas refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru. |
|
g. |
Mampu meningkatkan kualitas kepemimpinan instruksional. |
|
h. |
Mampu meningkatkan kualitas iklim keamanan sekolah. |
|
i. |
Mampu meningkatkan kualitas iklim kesetaraan gender. |
|
j. |
Mampu meningkatkan kualitas iklim kebhinekaan. |
|
k. |
Mampu meningkatkan kualitas iklim inklusifitas. |
|
l. |
Mampu meningkatakan kualitas partisipasi warga sekolah. |
|
m. |
Mampu meningkatkan porposi pemamfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu. |
|
n. |
Mampu meningkatkan kualitas TIK untuk pengelolaan anggaran |
|
o. |
Mampu meningkatkan perencanaan dan implementasi “program dan kebijakan sekolah” |